Asal Usul Nama Kecamatan Cisoka Tangerang Banten Versi 2 – Bersama Ka Cengeng

Posted on

Assalamualaikum…Halloo Adik-adik yang ada di wilayah Kecamatan Cisoka Tangerang Banten khususnya, dan Adik-adik di seluruh Indonesia pada umumnya. Kali ini Ka Cengeng akan kembali menceritakan Asal Usul sebuah nama daerah dan kali ini yang akan kita bahas adalah Asal Usul Nama Desa Cisoka Tangerang Banten versi yang kedua, setelah versi yang pertama sudah Ka Cengeng ceritakan sebelumnya. Bagaimana ceritanya? mari kita simak baik-baik.

Menurut versi yang kedua ini Ka Cengeng akan mengajak Adik-adik untuk melakukan kilas balik ke zaman dahulu. Menelusuri jejak para orang tua terdahulu dan sesepuh yang mengetahui secara pasti tentang asal mula berdirinya Desa Cisoka. Salah satunya adalah Bapak Miarsa. Beliau merupakan salah satu sesepuh yang masih hidup di Desa Cisoka. Walaupun ingatannya sudah mulai sedikit melemah karena sudah tua, akan tetapi beliau masih bisa mengingat mengenai zaman dimana proses terjadinya Desa Cisoka, dari orang tuanya yang terdahulu.

Menurut cerita Bapak Miarsa, pada zaman dahulu ada sebuah tempat yang bernama Tarikolot. Dimana lokasinya berada kurang lebih 600 meter disebelah utara Desa Cisoka yang sekarang. Namun beliau tidak tahu pasti tahun berapanya, menurut pernyataan beliau, saat itu Tarikolot didatangi oleh rombongan para prajurit yang tidak diketahui dari mana asalnya. “Mungkin mereka dari tempat yang jauh dan sedang mengembara,” ucap beliau.

Menurut berbagai sumber cerita, rombongan tersebut dipimpin oleh seorang pangeran bernama Arya Salingsingan. Sejak saat itu Pangeran Arya Salingsingan beserta prajuritnya menetap di tempat tersebut. Singkat cerita dengan menetapnya Pangeran Arya Salingsingan dan prajuritnya di Tarikolot, akhirnya tempat tersebut menjadi sebuah desa, dan diberi nama Desa Tarikolot. Kemudian Pangeran Arya pun menikah dengan perempuan setempat dan mempunyai keturunan.

Sejak Pangeran Arya berkeluarga, ia beserta keluarga dan rakyatnya memutuskan untuk pindah ke sebelah selatan Desa Tarikolot, yaitu sebuah kampung yang bernama Kampung Girang (yang sekarang disebut Girang Mukti). Tidak diketahui apa penyebab pindahnya rombongan tersebut. Dan mereka pun menata kembali kehidupan meraka di sana sehingga Girang pun menjadi sebuah desa. Karena Desa Tarikolot tidak ada penghuninya selama bertahun-tahun, maka Desa Tarikolot pun berubah kembali menjadi hutan belantara.

Lalu dari mana nama Desa Cisoka itu berasal? ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa nama Cisoka berasal dari kata Ci yang artinya air (cai bahasa sunda) dan Soka yang artinya bunga Asoka. Kedua kata tersebut dicetuskan oleh seseorang yang entah siapa namanya, dan tidak jelas sumbernya dari mana, karena saat itu di Desa Girang banyak sekali bunga soka yang tumbuh di pinggir sungai, maka banyak orang yang mengatakan “Cisoka” dan akhirnya jadilah nama Desa Cisoka.

Menurut cerita orang tua zaman dahulu, di Desa Cisoka terdapat pemimpin atau sesepuh yang masyarakat Desa Cisoka menyebutnya sebagai Eyang, Eyang tersebut diantaranya :

Eyang Angga Diprana
Eayng Angga Dinata
Eyang Jaya Reksa
Eyang Sukadana
Eyang Buyut Bulen

Entah bagaiamana ceritanya dan entah kapan waktu terjadinya. Desa Cisoka berpindah lokasi pemerintahan yang tadinya Dari Girang Mukti bergeser ke sebelah utara Girang Mukti yang bernama Kampung Sokajaya sebagai pusat pemerintahan desa Cisoka. Dan sekarang Girang hanya sebagai wilayah bagian dari Desa Cisoka yang bernama Kampung Girang Mukti.

Dan ada juga cerita lain mengenai Asal Usul Nama Desa Cisoka. Menurut Bapak Miarsa, Cisoka bersal dari kata Cis yang berarti Keris dan Soka yang berarti bunga Asoka. Jadi arti dari Cisoka itu sendiri adalah Keris Bunga Soka. Menurutnya, tidak diketahui secara pasti siapa yang pertama kali menyebutkan kata tersebut tetapi perpaduan dua kata tersebut diambil dari bunga soka yang memang saat itu di sana terdapat banyak sekali tumbuh bunga soka, dan keris yng merupakan benda pusaka. Tetapi saat ini keris tersebut tidak ada wujud atau peninggalannya. Menurut beliau keris tersebut disimpan oleh seseorang yang tidak diketahui keberadaannya sampai saat ini.

Begitulah Cerita Asal Usul Nama Desa Cisoka Tangerang Banten,semoga bisa menambah wawasan Adik-adik semua, jangan lupa belajar ya. Seperti biasa Ka Cengeng mohon maaf bila ada kesalahan dan kekeliruan silahkan dikoreksi dan dikritisi,sampai jumpa dalam cerita yang lainnya. Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Seperti biasa kalau Adik-adik ingin mendengarkan versi audionya silahkan klik disini.

 

Sumber : Di ambil dari berbagai seumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *