Asal Usul Nama Kecamatan Solear Tangerang Banten – Bersama Ka Cengeng

Posted on

Assalamualaikum…Halloo Adik-adik yang ada di wilayah Kecamatan Solear Tangerang Banten khususnya, dan Adik-adik di seluruh Indonesia pada umumnya. Kali ini Ka Cengeng akan kembali menceritakan Asal Usul sebuah nama daerah dan kali ini yang akan kita bahas adalah Asal Usul Nama Desa Solear Tangerang Banten yang sekarang sudah menjadi kecamatan. Bagaimana ceritanya? mari kita simak baik-baik.

Desa Solear dahulunya termasuk kedalam wilayah Kecamatan Clsoka, karena ada pemekaran wilayah maka Desa Solear naik pangkat menjadi sebuah kecamatan. Solear sangat terkenal,selain dikenal oleh masyarakat Kabupaten Tangerang, juga sudah dikenal oleh orang dari luar Tangerang. Karena sudah banyak orang yang datang dari berbagai daerah diluar Tangerang yang berkunjung ke Solear baik untuk berziarah ke Keramat Solear maupun hanya sekedar untuk bertamasya bersama keluarga.

Terus bagaimana sejarahnya Solear ini ? Begini ceritanya, dahulu pada zaman kesultanan Banten dimana pada waktu itu masyarakat Banten masih memeluk agama Hindu,Budha,Animisme (menyembah leluhur) dan Dinamisme (menyembah benda mati). Melihat hal tersebut lalu Sultan mengutus seorang ulama yang bernama Syekh Mas’ad untuk menyebarkan agama Islam di daerah Solear.

Menurut sesepuh sekaligus sebagai juru kunci ( kuncen) makam keramat Solear Abah Abdurahman,bahwa sebenarnya Syekh Mas’ad bukanlah orang pribumi,tapi beliau aslinya berasal dari Mesir yang ditugaskan untuk menyebarkan agama Islam di Solear. Akan tetapi Syekh Mas’ad terlambat datang ke Solear dari waktu yang sudah di tentukan, dan biasanya orang zaman dahulu apabila menyebut sesuatu yang terlambat itu dengan kata “Kasorean”, beda dengan orang zaman sekarang kalau terlambat biasanya di sebut kesiangan. Kata Kasorean itulah yang menjadi cikal bakal Desa Solear, karena lambat laun kata Kasorean itu berubah menjadi Solear samapai sekarang.

Perlu Adik-adik ketahui bahwa di Solear itu mempunyai hutan lindung yang didalamnya terdapat makam Syekh Mas’ad seperti yang sudah diceritakan diatas yang dianggap keramat oleh masyarakat sekitarnya dan banyak sekali monyet-monyet liar didalam hutan lindung tersebut. Nanti Isnya Allah akan Ka Cengeng Ceritakan Asal Usul Makam Keramat Solear pada kesempatan berikutnya.

Jadi begitulah ceritanya Asal Usul Nama Desa Solear Tangerang Banten,semoga bisa menambah wawasan kalian dan jangan lupa belajar ya. Seperti biasa Ke Cengeng minta maaf bila ada keekliruan dan kesalahan dalam artikel ini, mohon masukan dan kritikannya,terima kasih. Wassalamualaikum Warohamtullahi Wabarokatuh.

Seperti biasa kalau Adik-adik ingin mendengarkan versi audionya silahkan klik disini.

Sumber : http://sitiyulianawati.blogspot.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *