Asal Usul Danau Biru Cigaru Desa Cisoka Tangerang Banten – Bersama Ka Cengeng

Posted on

Assalamualaikum…Halloo Adik-adik yang ada di wilayah Kecamatan Cisoka Tangerang Banten khususnya, dan Adik-adik di seluruh Indonesia pada umumnya. Kali ini Ka Cengeng akan kembali menceritakan Asal Usul sebuah nama tempat dan kali ini yang akan kita bahas adalah Asal Usul Danau Biru Desa Cigaru  Cisoka Tangerang Banten yang lagi ramai di bicarakan oleh banyak orang pada saat ini, karena banyaknya keanehan yang terjadi. Bagaimana ceritanya? mari kita simak baik-baik.

Danau Biru Cigaru dulunya hanyalah bekas sebuah penambangan pasir ilegal yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Selama puluhan tahun masyarakat Cigaru menambang pasir secara ilegal, sehingga mengakibatkan rusaknya lingkungan setempat, untuk itu pemerintah kemudian melakukan tindakan menutup kegiatan ilegal tersebut, demi menjaga lingkungan supaya tidak rusak parah.

Ketika galian pasir itu ditutup dan resmi tidak beroperasi pada September tahun lalu, tanpa ada yang menyadari kalau air dalam danau itu telah berubah warna,ada yang berwarna biru dan hijau kebiru-biruan yang sangat jernih. Menurut warga Cigaru sebut saja Bapak Andi, warna air berubah begitu saja tanpa disadari oleh warga sekitar. Bapak Andi juga mengatakan, sebelum digali dan diambil pasirnya, ditempat itu terdapat tiga sumur. “Cerita rakyat di sini, tiga sumur itu adalah persinggahan para wali,” katanya. Dulu air dari ketiga sumur itu kotor dan berwarna coklat, karena itu sumur tersebut digali dan dijadikan tambang pasir oleh masyarakat sejak 10 tahun lalu.

Kepala Desa Cisoka Rudi Tura membenarkan adanya  mitos yang beredar ditengah masyarakat Cigaru, jika tiga sumur di bekas galian pasir itu dulunya adalah sumur keramat. ” Yang sekarang membentuk tiga danau,” katanya. Danau pertama seluas 1,5 hektar, danau kedua dan ketiga berada sejajar dengan danau utama, tapi luasnya hanya 1000 dan 500 meter dengan kedalaman 20 meter. Airnya pun berwarna hijau dan biru. “Warna airnya bisa berubah-ubah pada waktu-waktu tertentu, kadang pagi kadang sore,” Begitu kata Pak KaDes  menjelaskan.

Tapi itukan cuma mitos Adik-adik,kita jangan mempercayai hal-hal yang belum pasti kebenarannya. Mari kita tanya sama ahlinya, yaitu Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Tangerang, Bapak Hadisa Mahsyur, mengatakan, kadar keasamannya air di danau Cigaru tersebut lumayan tinggi. “Kadar asamnya mencapai tujuh,” katanya. Jadi air di danau tersebut tidak bisa langsung diminum masyarakat. Kemudian untuk berenang juga lebih baik tak disarankan, karena cukup dalam.

Lalu kenapa airnya bisa berubah-ubah warna ya ?  “Mungkin itu disebabkan oleh kadar asamnya yang lumayan  tinggi, dan mungkin juga disebabkan karena adanya alga ganggang di dalam danau tersebut yang nanti bisa merubah warna air bila terkena sinar matahari,” katanya.

Jadi begitu Adik-adik ceritanya tentang Asal Usul Danau Biru Cigaru  Desa Cisoka Tangerang Banten, semoga bisa menambah wawasan kalian dan jangan lupa belajar ya. Seperti biasa Ke Cengeng minta maaf bila ada kekeliruan dan kesalahan dalam artikel ini, mohon masukan dan kritikannya, terima kasih. Wassalamualaikum Warohamtullahi Wabarokatuh.

Seperti biasa kalau Adik-adik ingin mendengarkan versi audionya silahkan download disini.

Sumber : http://satrialarangan.blogspot.co.id/2015/06/makam-keramat-solear-tangerang.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *