Asal Usul Nama Kecamatan Balaraja Versi 2 Tangerang Banten – Bersama Ka Cengeng

Posted on

Assalamualaikum…hallo.. Adik-adik khusunya yang ada diwilayah Kecamatan Balaraja Tangerang Banten dan sekitarnya dan Adik- adik di seluruh Indonesia pada umumnya. Kali ini Ka Cengeng akan menceritakan tentang Asal Usul Nama Kota Balaraja Versi 2 Tangerang Banten. Setelah versi 1 sudah Ka Cengeng ceritakan sebelumnya, sekarang Ka Cengeng akan lanjutkan untuk versi yang ke duanya. Bagaimana ceritanya? biar tidak penasaran, sekarang Ka Cengeng akan mulai ceritanya,disimak baik-baik ya.

Versi lain dari sejarah nama kota Balaraja, yaitu pada waktu berkumpulnya tiga Raja, dari tiga kerajaan, yaitu Raja dari Kesultanan Banten, Raja dari Kerajaan Sumedang dan Raja dari Kesultanan Cirebon. Para Raja itu melakukan pertemuan di sebuah desa bernama Desa Kaduagung yaitu salah satu desa yang baerada di wilayah kecamatan Tigaraksa sekarang. Raja-raja yang datang itu masing-masing membawa tentara atau prajurit sebagai pengawal. Karena sangat pentingnya pertemuan tersebut, maka para pengawal Raja itupun kemudian di kumpulkan di suatu tempat yang jauh dari Kaduagung. Dengan berkumpulnya para tentara raja di tempat itu menjadi Asal Usul Nama Kota Balaraja Tangerang Banten. Dan tempat berkumpulnya para tentara Raja itu yang sekarang di sebut Balaraja.

Gambar hanya ilustrasi, Sumber gambar : https://www.tindachieu.org

Nama Balaraja diambil dari kata “Bala” yang artinya Tentara dan kata “Raja”, jadi Nama Balaraja berarti “Tentara Raja”. Di karenakan pada waktu itu banyaknya bala tentara dari berbagai kerajaan berkumpul menjadi satu dalam satu tempat, hal menimbulkan rasa kekhawatiran di dalam masyarakat yang berada di sekitar daerah tersebut, dan menganggap kejadian tersebut sebagai suatu kejadian yang aneh dan tidak biasa.

Kekhawatiran masyarakat semakin menjadi-jadi setelah tahu kalau para tentara yang berkumpul tersebut adalah pasukan dari berbagai kerajaan yang sedang mengawal para Raja yang sedang mengadakan pertemuan di Kaduagung. Masyarakat khawatir akan terjadi pertempuran antara ketiga pasukan kerajan tersebut, karena tempat berkumpulnya bala tentara itu tidak jauh dari rumah penduduk.

Gambar hanya ilustrasi, Sumber gambar : https://3.bp.blogspot.com

Namun setelah pertemuan tiga Raja itu selesai, kekhawatiran masyarakat akan adanya peperangan ternyata tidak terbukti. Ketiga Raja itu kemudian kembali lagi ke kerajaan masing-masing dengan para pasukannya. Adanya kejadian tersebut ternyata membekas di dalam kehidupan keseharian masyarakat. Untuk mengenang krjadian tersebut dan sebagai sebuah penanda pada suatu wilayah, akhirnya masyarakat memberikan Nama “Balaraja” pada daerah yang manjadi tempat berkumpulnya bala tentara raja tersebut.

Adik-adik yang baik, demikianlah cerita Asal Usul Nama Kota Balaraja Versi 2 Tangerang Banten, semoga bisa menambah wawasan kalian dan jangan lupa belajar ya. Seperti biasa Ke Cengeng minta maaf bila ada keekliruan dan kesalahan dalam artikel ini, mohon masukan dan kritikannya,terima kasih. Wassalamualaikum Warohamtullahi Wabarokatuh.

Bagi Adik-adik yang ingin mendengarkan versi audionya silahkan klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *