Asal Usul Nama Sungai Cimanceuri Tangerang Banten – Bersama Ka Cengeng

Posted on

Assalamualaikum…hallo.. Adik-adik khusunya yang ada diwilayah Kecamatan Balaraja Tangerang Banten dan sekitarnya dan Adik- adik diseluruh Indonesia pada umumnya. Kali ini Ka Cengeng akan menceritakan tentang Asal Usul Nama sungai Cimanceuri yang berada di wilayah Kabupaten Tangerang Banten. Mungkin kebanyakan dari Adik-adik banyak yang belum tahu tentang asal usulnya sungai Cimanceuri ini. Biar tidak penasaran sekarang Ka Cengeng akan mulai ceritanya, disimak baik-baik ya.


Cimanceuri adalah sebuah Sungai yang berada di Perbatasan antara Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor dengan Desa Malangnengah Kabupaten Tangerang, terus memanjang sampai ke Kecamatan Balaraja Tangerang dan bermuara di Kampung Selatip Desa Lontar Kecamatan Kemiri Tangerang.
Sungai Cimanceuri menjadi pembatas antara Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor dengan Desa Malangnengah kabupaten Tangerang, yang dihubungkan dengan sebuah jembatan. Dan jembatan pembatas antar dua daerah tersebut disebut dengan “Jembatan Cimanceuri”.

Sungai Cimanceuri di lontar kemiri, Sumber gambar :Google Map

Asal Usul Nama Sungai Cimanceuri Tangerang diambil dari sebuah nama seorang perempuan janda yang hidup pada zaman sebelum kemerdekaan. Berikut Ka Cengeng Ceritakan selengkapnya.

Diceritakan pada zaman dahulu, hiduplah seorang perempun janda muda yang cantik jelita. Perempuan janda itu bernama Nyi Manceuri, beliau adalah keturunan dari Tionghoa.Karena kecantikannya itu banyak sekali laki-laki yang jatuh cinta pada Nyi Manceuri. Nyi Manceuri hidup seorang diri di sebuah rumah yang mungil dan sederhana tapi asri dipandang mata.

Gambar hanya ilustrasi

Pekerjaan Nyi Manceuri adalah seorang cokek atau penyanyi pada kesenian khas dari suku keturunan Tionghoa. Nyai Manceuri sangat piawai dalam melantunkan nyanyian-nyanyian, apalagi didukung dengan suara yang sangat merdu di tambah dengan goyangannya yang banyak memikat para penonton, hal itu menjadikan Nyi Manceuri sangat terkenal di daerahnya , bahkan terkadang dia dapat panggilan sampai keluar daerah.
Banyak sekali laki-laki yang tergila-gila pada Nyi Manceuri, lalu ada seorang pedagang yang terkenal kaya raya yang ingin melamar Nyi Mancueri untuk dijadikan istri, namun Nyi Manceuri tidak pernah tertarik pada pedagang tersebut.

Gambar hanya ilustrasi

Karena sikap Nyi Manceuri yang tidak menanggapi keinginan sang pedagang tersebut, membuat sang pedagang itu semakin penasaran. Sang pedagang terus berusaha keras untuk mendapatkan hati Nyi Manceuri. Akhirnya berkat kegigihan Sang Pedagang tersebut berhasil mendapatkan Nyi Manceuri untuk di jadikan istri.Kemudian pernikahan pun di gelar antara Nyi Manceuri dengan Sang Pedagang Kaya tersebut dengan acara yang sangat meriah.

Walaupun Nyi Manceuri statusnya menjadi istri kedua dari Sang Pedagang, tapi kasih sayang dan perhatian sang Pedagang pada Nyi Manceuri tak ada perbedaan. Semua kebutuhan Nyi Manceuri dipenuhi oleh sang Pedagang , hal itu menimbulkan rasa iri dari istri pertama sang Pedagang, karena menganggap sang pedagang lebih sayang kepada Nyi Manceuri dari pada terhadap dirinya selaku istri pertama.

Selang tidak berapa lama Nyi Manceuri pun hamil, hal tersebut membuat kasih sayang sang Pedagang semakin besar terhadap Nyi Manceuri . Sang Pedagang itu mulai jarang pulang ke rumah istri pertamanya, ini semua menambah rasa iri, sakit hati dan dendam dari istri pertama sang Pedagang.

Gambar hanya ilustrasi , Sumber gambar : http://gambargambar.co

Setelah sembilan bulan mengandung, Nyi Manceuri pun melahirkan seorang anak perempuan yang cantik dan lucu, sehingga menambah lengkap kebahagian sang Pedagang. Sang pedagang semakin sayang saja kepada Nyi Manceuri.

Melihat hal itu, rasa sakit hati bercampur dendam istri pertama sang Pedagang semakin besar terhadap Nyi Manceuri, sehingga munculah niat busuk dari istri pertama sang pedagang untuk membunuh Nyi Manceuri beserta anaknya, dengan cara mengunakan pembunuh bayaran, yang berpura-pura merampok rumahnya Nyi Mancueri. Siasat licik itu Dia lakukan agar Dia tidak di tuduh sebagai pembunuh Nyi Manceuri nantinya.

Di suatu malam yang dingin, hujan sangat lebat mengguyur disekitar tempat tinggal Nyi Manceuri, kilat menyambar-nyambar sangat kencangnya yang disertai dengan petir. Pada saat itu sang Pedagang sedang tidak ada dirumah, Dia sedang berada di rumah istri pertamanya.


Di saat waktu menjelang tengah malam. Tiba-tiba ada segerombolan para perampok yang memasuki rumah Nyi Manceuri, tanpa ada perlawanan dari Nyi Manceuri, para perampok itu menggasak habis semua harta yang ada di rumah itu, termasuk semua perhiasan yang dimiliki oleh Nyi Manceuri hasil pemberian dari suaminya. Nyi Manceuri tubuhnya di ikat, suara gaduh para perampok itu membuat anak Nyi Manceuri sang bayi mungil nan lucu itu terbangun mulai menangis. Laluperampok itu menyuruh Nyi Manceuri untuk menyusui anaknya yang menangis itu.

Dengan tangisan dan air mata serta rasa sakit pada seluruh tubuhnya Nyi Manceuri menyusui anaknya dengan penuh kelembutan dan kasih sayang sambil menyanyikan lagu-lagu untuk menina bobokan anaknya. Pada saat Nyi Manceuri sedang menyusui anaknya, tanpa belas kasihan para perampok itu menebaskan golok tajamnya pada Nyi Manceuri dalam posisi masih menyusui anaknya.

Gambar hanya ilustrasi,sumber gambar :http://www.articlesofhealthcare.com

Esok pagi, penduduk setempat menemukan Nyi Manceuri dalam keadaan tidak bernyawa lagi dengan posisi masih menyusui anaknya, didalam rumahnya. Sungguh suatu anugerah, bayi mungil yang di susui itu tertidur dalam pelukan ibunya. Keadaan itu membuat semua penduduk merasa terharu, dan banyak yang menangis. Suami Nyi Manceuri pun merasa terpukul dengan kejadian tersebut. Setelah beberapa hari kemudian bayi mungil Nyi Manceuri pun meninggal dunia menyusul sang ibunda tercinta.

Gambar hanya ilustrasi

Sejak kejadian itu, rumah Nyi Manceuri yang terletak di dekat sungai menjadi amat mencekam, karena menurut beberapa penduduk, mereka sering melihat penampakan arwah Nyi Manceuri yang sedang menggendong anaknya sambil menyanykan lagu-lagu untuk meninabobokan anaknya. Kadang sering kali melintasi jalan antara rumahnya keseberang jalan sambil terus bernyanyi.

Gambar hanya ilustrasi, sumber gambar : https://3.bp.blogspot.com

Peristiwa-peristiwa kemunculan arwah Nyi Manceuri disekitar sungai itu membuat penduduk setempat ketakutan dan kebiasaan penduduk sekitar yang biasa menggunakan sungai tersebut untuk mandi dan cuci sudah jarang terlihat, karena mereka merasa takut akan penampakan arwah Nyi Manceuri di dekat sungai tersebut. Dan untuk mengenang kejadian yang mencucurkan air mata Nyi Manceuri tersebut, maka sejak saat itu sungai itu diberi nama Cimanceuri atau Air Manceuri diambil dari nama Nyi Manceuri

Adik-adik yang baik, demikianlah cerita Asal Usul Nama Sungai Cimanceuri Tangerang Banten, semoga bisa menambah wawasan kalian dan jangan lupa belajar ya. Seperti biasa Ke Cengeng mohon maaf bila ada kekeliruan dan kesalahan dalam artikel ini, mohon masukan dan kritikannya,terima kasih. Wassalamualaikum Warohamtullahi Wabarokatuh.

Bagi Adik-adik yang ingin mendengarkan versi audionya silahkan klik disini.

Sumber : http://www.dailytangerang.com/2016/01/inlah-asal-muasal-nama-kali-sungai.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *