Asal Usul Nama Kecamatan Kresek Tangerang Banten – Bersama Ka Cengeng

Posted on

Assalamualaikum…Halloo Adik-adik yang ada di wilayah Kecamatan Kresek Tangerang Banten khususnya, dan Adik-adik di seluruh Indonesia pada umumnya. Kali ini Ka Cengeng akan kembali menceritakan Asal Usul sebuah nama daerah dan kali ini yang akan kita bahas adalah Asal Usul Nama Desa Kresek Tangerang Banten, Bagaimana ceritanya? mari kita simak baik-baik.

Peta lokasi Kecamatan Kresek

Adik-adik yang baik ada tiga sumber pendapat tentang Asal Usul Nama Desa kresek ini,menurut keterangan yang Ka Cengeng kutip dari http://pejuangbanten.blogspot.co.id/2012/06/sejarah-kresek.html , bahwa ketiga sumber pendapat itu antara lain, Yang pertama: bahwa nama Desa Kresek di ambil dari nama orang. dalam hal ini di kaitkan dengan nama seseorang yang yang di makamkan di Kampung Gili Duhur, belakang Kantor kecamatan Kresek, yang di kenal oleh masyarakat pada zaman itu dengan nama Ki buyut Kresek. Yang kedua: nama Desa Kresek di ambil dari nama sebuah pohon yang diberi nama pohon Kresek. Diceritakan pada zanamn dahulu kala, ada sebuah pohon kresek yang begitu besar di Kresek. Yang ketiga: nama Desa Kresek di ambil dari nama sebuah alat untuk membawa sesuatu,yaitu kantong kresek atau kantong plastik, karena dahulu banyak para ulama dan bangsawan yang mengasingkan diri ke daerah kresek ketika terjadi kekacauan politik di kraton surasowan Banten, dan mereka membawa barang bawaan dalam kantong yang disebut kresek.

Pohon Kresek

Demikianlah Adik-adik cerita singkat tentang Asal-usul Nama Desa Kresek Tangerang Banten, dan jangan lupa belajar ya. Seperti biasa Ke Cengeng mohon maaf bila ada kekeliruan dan kesalahan dalam artikel ini, mohon masukan dan kritikannya,terima kasih. Wassalamualaikum Warohamatullahi Wabarokatuh.

Bagi Adik-adik yang ingin mendengarkan versi audionya silahkan download disini.

Sumber : http://pejuangbanten.blogspot.co.id/2012/06/sejarah-kresek.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *