Asal Usul Nama Sungai Cisadane Versi 1 Tangerang Banten – Bersama Ka Cengeng

Posted on

Assalamualaikum…hallo.. Adik-adik khusunya yang ada diwilayah Kecamatan Balaraja Tangerang Banten dan sekitarnya dan Adik- adik diseluruh Indonesia pada umumnya. Kali ini Ka Cengeng akan menceritakan tentang Asal Usul Nama Sungai Cisadane yang berada di wilayah Kabupaten Tangerang Banten. Mungkin kebanyakan dari Adik-adik banyak yang belum tahu tentang asal usulnya sungai Cisadane ini. Biar tidak penasaran sekarang Ka Cengeng akan mulai ceritanya, disimak baik-baik ya.

Aliran sungai Cisadane

Sungai Cisadane adalah sebuah sungai yang besar yang melewati dua provinsi mulai dari Kabupaten Bogor Jawa Barat sampai Kabupaten Tangerang banten. Hulu sungai Cisadane berasal dari sunga-sunga kecil di gunung Pangrango dan gunung Salak Bogor dan bermuara di laut jawa tepatnya di Desa Tanjung Burung Kecamatan Teluk Naga Tangerang Banten. Panjang aliran sungai Cisadane ini menurut http://ekomh.com/asal-usul-dan-cerita-legenda-sungai-cisadane-tangerang panjangnya sekitar 125 km.

Hulu sungai Cisadane di gunung Pangrango, Bogor

Lalu dari mana nama Cisadane itu berasal? Pada zaman dahulu tepatnya pada zaman kerajaan Sunda Padjadjaran, sungai ini awalnya bernama Sadane. Kata Ci dalam bahasa Sunda berarti Air. Sedangkan kata Sadane, berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti Istana Kerajaan. Jadi nama Ci Sadane atau Cisadane berarti Air dari istana kerajaan. Tentunya dalam hal ini, kemungkinan yang disebut “Air dari istana kerajaan” itu adalah Kerajaan Padjadjaran yang berpusat di Pakuan, Bogor.

Namun ada dua versi berbeda mengenai Asal Usul Nama Sungai Cisadane ini, yang Insya Allah akan Ka Cengeng ceritakan di kesempatan berikutnya.

Muara sungai Cisadane di Desa Tanjung Burung, Teluk Naga Tangerang Banten

Adik-adik yang baik, jadi begitulah Asal Usul Nama Sungai Cisadane Tangerang Banten Versi 1, semoga bisa menambah wawasan kalian, dan jangan lupa belajar ya. Seperti biasa Ke Cengeng mohon maaf bila ada kekeliruan dan kesalahan dalam artikel ini, mohon masukan dan kritikannya,terima kasih. Wassalamualaikum Warohamtullahi Wabarokatuh.

Bagi Adik-adik yang ingin mendengarkan versi audionya silahkan download disini.

Sumber : http://ekomh.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *