Asal Usul Nama Kota Tangerang Banten – Bersama Ka Cengeng

Posted on

Assalamualaikum…hallo.. adik-adik yang ada diwilayah Tangerang dan sekitarnya kali ini Ka Cengeng akan menceritakan tentang Asal Usul Nama Kota Tangerang Banten. Pasti kebanyakan dari adik-adik banyak yang belum tahu,kenapa sih kota Tangerang di namakan Tangerang. Biar tidak penasaran sekarang Ka Cengeng akan mulai ceritanya,disimak baik-baik ya.

Sumber gambar : http://tangerangkota.go.id

Asal Usul Nama Kota Tangerang tidak terlepas kaitannya dengan Asal Usul Nama Kota Tigaraksa yang sudah Ka Cengeng Ceritakan sebelumya. Yaitu berawal dari tiga Aria yang diangkat oleh penguasa Banten pada waktu itu. Tiga Aria tersebut adalah adalah Aria Yudhanegara, Aria Wangsakara dan Aria Santika.
Ketiga Aria itu kemudian membentuk Pemerintahan yang menjadi pusat perlawanan terhadap penjajah Belanda di daerah Tigaraksa, dan juga mendirikan benteng, disepanjang tepi Sungai Cisadane. Kata “Benteng” ini kemudian menjadi sebutan kota Tangerang.

sumber Gambar : http://serpongonline.com

Dalam pertempuran melawan VOC, Ketiga Aria ini berturut-turut gugur satu persatu. Dengan gugurnya para Aria, maka berakhirlah pemerintahan Aria tersebut di Tangerang. Masyarakat mengangap pemerintahan ketiga Aria ini sebagai cikal bakal pemerintahan di Tangerang. Dan untuk mengenang jasa perjuanganketiga Aria itu kemudian Pangeran Soegiri membuat tugu sebagai Tengger atau tantenger atau tanda di dekat sungai Cisadane.

Aliran sungai Cisadane tempo dulu

Menurut cerita turun temurun di masyarakat Tangerang, Asal Usul Nama Kota Tengerang, berasal dari bahasa Sunda yaitu tengger dan perang. Kata “tengger” dalam bahasa Sunda memiliki arti “tanda” (tantenger sunda).seperti yang sudah Ka Cengeng ceritakan diatas, awal cerita kata Tengger ini dimulai di buatnya sebuah tuguatau prasasti  yang di jadikan sebagai tatenger atau tanda batas wilayah kekuasaan Banten dan VOC, yang di buat sekitar pertengahan abad 17.

Aliran Sungai Cisadane sekaran, sumber gambar : https://ajsisvill.files.wordpress.com

Oleh karena itu, ada pula orang yang menyebut Tangerang berasal dari kata” Tanggeran” dan ada pula yang menyebut dengan “Tangeran” atau “Tengeran” ( tandaan dalam bahasa sunda). Daerah yang dimaksud berada di bagian sebelah barat Sungai Cisadane di Kampung Grendeng atau tepatnya di ujung jalan Otto Iskandar Dinata sekarang.

Tugu atau prasasti itu di buat oleh Pangeran Soegri, Pangeran Soegri adalah salah satu putra Sultan Ageng Tirtayasa. Pada tugu tersebut tertulis prasasti dalam huruf Arab gundul dengan dialek Banten, yang isinya sebagai berikut:
“Bismillah peget Ingkang Gusti Diningsun juput parenah kala Sabtu Ping Gasal Sapar Tahun Wau Rengsena Perang nelek Nangeran Bungas wetan Cipamugas kilen Cidurian Sakebeh Angraksa Sitingsung Parahyang-Titi.”
Yang artinya : “Dengan nama Allah tetap Maha Kuasa Dari kami mengambil kesempatan pada hari Sabtu Tanggal 5 Sapar Tahun Wau Sesudah perang kita memancangkan Tugu Untuk mempertahankan batas Timur Cipamugas (Cisadane) dan Barat yaitu Cidurian Semua menjaga tanah kaum Parahyang”

Gambar hanya ilustrasi, sumber gambar : https://picture.triptrus.com

Sedangkan kata “perang” memberi pengertian bahwa daerah tersebut dalam perjalanan sejarah pernah menjadi medan perang antara Kasultanan Banten dengan tentara VOC. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya keberadaan benteng pertahanan Kesultanan Banten di sebelah barat Cisadane dan benteng pertahanan VOC di sebelah Timur Cisadane.

Keberadaan benteng tersebut juga menjadi asal usul untuk menjadi sebutan daerah sekitarnya (Tangerang) dengan sebutan Benteng. Hingga masa pemerintahan kolonial Belanda, wilayah Tangerang lebih sering disebut dengan nama “Benteng”.

sumber gambar :https://upload.wikimedia.org

Seiring berjalannya waktu kata “Tangeran” berubah menjadi “Tangerang” hal ini disebabkan oleh pengaruh ucapan dan dialek dari tentara kompeni yang berasal dari Makasar. Orang-orang Makasar tidak mengenal huruf mati, akhirnya kata lama kelamaan kata “Tangeran” berubah menjadi “Tangerang”.

Kantor Pemerintahan Tangerang, sumber gambar : http://static.panoramio.com/photos/large/75739159.jpg

Demikianlah Adik-adik cerita singkat tentang Asal-usul Nama Kota Tangerang Banten, dan jangan lupa belajar ya. Seperti biasa Ke Cengeng mohon maaf bila ada kekeliruan dan kesalahan dalam artikel ini, mohon masukan dan kritikannya,terima kasih. Wassalamualaikum Warohamatullahi Wabarokatuh.

Bagi Adik-adik yang ingin mendengarkan versi audionya silahkan download disini.

Sumber :
https://www.kaskus.co.id/thread/515ed187611243505500000a/sejarah-asal-mula-nama-daerah-tangerang-dan-penduduk-tangerang/
http://abouttng.com/asal-usul-nama-tangerang/
https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Tangerang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *