Asal Usul Nama Kecamatan Kemiri Tangerang Banten – Bersama Ka Cengeng

Posted on

Assalamualaikum…Halloo Adik-adik yang ada di wilayah Kecamatan Kemiri Tangerang Banten khususnya, dan Adik-adik di seluruh Indonesia pada umumnya. Kali ini Ka Cengeng akan kembali menceritakan Asal Usul sebuah nama daerah dan kali ini yang akan kita bahas adalah Asal Usul Nama Kecamtan Kemiri Tangerang Banten, Bagaimana ceritanya? mari kita simak baik-baik.

Desa Kemiri sekarang sudah menjadi kecamatan hasil dari pemekaran Kecamatam Mauk, lalu bagaimana Asal Usulnya? Menurut sebuah cerita yang Ka Cengeng dapatkan dari sebuah sebuah halaman Facebook https://web.facebook.com/SejarahCeritaLegenda , asa kata Kemiri di ambil dari kata “Kemir-kemir” yang artinya was-was atau khawatir.

Gambar hanya illustrasi

Di ceritakan pada zaman dahulu kala, ada seorang Kyai bernama Abdurrohman. Beliau memiliki seorang putri yang cantik dan berakhlak mulia yang bernama R.A Mursinah. Kyai Abdurrohman juga memiliki seorang saudara sebagai abdi dalem Kraton Surakarta Hadiningrat. Suatu hari ada pisowanan ageng (pertemuan agung) di kraton.

Gambar hanya illustrasi, sumber gambar : Gambar hanya ilustrasi,sumber gambar : http://2.bp.blogspot.com

Kyai Abdurrohman diundang sang raja untuk menghadiri pisowanan ageng tersebut. Dalam acara itu Beliau membawa putrinya RA Mursinah dan santri-santrinya ke kraton memenuhi undangan sang raja. Ketika sang Raja melihat kecantikan RA Mursinah, sang Rajapun langsung tertarik dan bermaksud ingin menjadikannya selir.

Gambar hanya ilustrasi

Akan tetapi Kyai Abdurrohman tidak berkenan jika putrinya di jadikan selir. Kemudian diam-diam beliau bersama putri dan santrinya pindah atau berhijrah ke arah utara sampai di tepi sungai Tuntang.

Gambar hanya ilustrasi, sumber gambar : Gambar hanya ilustrasi, sumber gambar : http://static.panoramio.com/photos/large/75443910.jpg

Karena hatinya merasa ketir-ketir/kemir-kemir (was-was, khawatir) takut kalau-kalau para prajurit kraton mengejarnya dan mengetahui tempat persembunyiannya. Karena rasa “kemir-kemir” itulah lalu tempat tersebut dinamakan “KEMIRI”, hingga sekarang (Wallahu A’lam). Kyai Abdurrohman bersama putri dan para santrinya kemudian menetap dan mengajarkan agama disana.

Demikianlah Adik-adik cerita singkat tentang Asal-usul Nama Kecamatan Kemiri Tangerang Banten, dan jangan lupa belajar ya. Seperti biasa Ke Cengeng mohon maaf bila ada kekeliruan dan kesalahan dalam artikel ini, mohon masukan dan kritikannya,terima kasih. Wassalamualaikum Warohamatullahi Wabarokatuh.

Bagi Adik-adik yang ingin mendengarkan versi audionya silahkan download disini.

 

Referensi  :

ASAL USUL DESA KEMIRIKemiri= berasal dari kata ‘Kemir-kemir’ yang berarti hati yang was-was atau kuatir.Konon…

Posted by Sejarah, Cerita, Legenda Tanah Jawa on Saturday, September 17, 2016

http://mitos-cerita-legenda.blogspot.com/2017/01/asal-usul-desa-kemiri.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Kemiri,_Tangerang

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *