Asal Usul Nama Kecamatan Mauk Tangerang Banten – Bersama Ka Cengeng

Posted on

Assalamualaikum…Halloo Adik-adik yang ada di wilayah Kecamatan Mauk Tangerang Banten khususnya, dan Adik-adik di seluruh Indonesia pada umumnya. Kali ini Ka Cengeng akan kembali menceritakan Asal Usul sebuah nama daerah dan kali ini yang akan kita bahas adalah Asal Usul Nama Kecamtan Mauk Tangerang Banten, Bagaimana ceritanya? mari kita simak baik-baik.

Sumber gambar : Wikipedia

Kecamatan Mauk memiliki objek wisata yang indah, yaitu pantai Tanjung Kait, hayo siapa yang pernah ke sana? kalau Ka Cengeng sudah sering bolak-balik ke kecamatan Mauk, soalnya saudara Ka Cengeng tinggalnya disana. Selain itu, di Kecamatan Mauk banyak terdapat bangunan bersejarah peninggalan kolonial Belanda dan China, seperti jembatan, gedung-gedung tua dan vihara di kawasan Pantai Tanjung Kait. Tapi sayang sekarang pantai Tanjung Kait tidak senyaman dulu,sekarang terlihat kotor dan kumuh tapi masih tetep baguslah buat liburan.

Anak-anak Ka Cengeng sedang main di Pantai Tanjung Kait, sumber gambar foto pribadi

Masyarakat Mauk adalah masyarakat yang heterogen atau campuran, terdiri dari etnis Jawa (Jawa Banten), Sunda, Betawi dan Thionghoa. Etnis Jawa berasal dari masyarakat Cirebon yang bermigrasi ke Banten sejak berdirinya kesultanan Banten. Sedangkan entis Sunda, jika dilihat dari sejarah bisa dipastikan adalah penduduk asli Mauk, kerena Mauk masih wilayah kekuasaan Kerajaan Padjadjaran. Adapun etnis Betawi dan Thionghoa berasal dari Batavia (Jakarta).

Bangunan bersejarah di Mauk

Lalu dari mana Asal Usul Nama Mauk itu? penasaran yaaa? Nama Mauk di ambil dari nama seorang pejuang Tionghoa yang gagah berani pada masa penjajahan kolonial Belanda, yang bernama Ma Uk. Nah untuk mengenang jasa-jasa perjuangan Ki Mauk ini, kemudian masyarakat setempat mengabadikan namanya menjadi nama tempat, yang kini disebut Kecamatan Mauk.


Jadi begitu ya Adik-adik cerita singkat tentang Asal Usul Nama Kecamatan Mauk Tangerang Banten, semoga bisa menambah wawasan kalian, dan jangan lupa belajar ya. Seperti biasa Ke Cengeng mohon maaf bila ada kekeliruan dan kesalahan dalam artikel ini, mohon masukan dan kritikannya,terima kasih. Wassalamualaikum Warohamatullahi Wabarokatuh.

Bagi Adik-adik yang ingin mendengarkan versi audionya silahkan download disini.

Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Mauk,_Tangerang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *