Asal Usul Nama Kecamatan Pandeglang Banten Versi 1 – Bersama Ka Cengeng

Posted on

Assalamualaikum…Halloo Adik-adik yang ada di wilayah Kecamatan Pandeglang khususnya, dan Adik-adik di seluruh Indonesia pada umumnya. Kali ini Ka Cengeng akan kembali menceritakan Asal Usul sebuah nama daerah dan kali ini yang akan kita bahas adalah Asal Usul Nama Kecamatan Pandeglang Banten yang sekarang manjadi Kabupaten Pandeglang. Bagaimana ceritanya mari kita simak baik-baik.


Adik-adik, Asal-usul nama Pandeglang memiliki beberapa versi, dan yang akan Ka Cengeng ceritakan kali ini adalah versi yang pertama. Berawal dari cerita tentang pembuatan gelang pada meriam Ki Amuk, sebuah meriam besar yang berada di Banten Lama, yaitu daerah yang dulu pernah menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Banten. Menurut cerita, Meriam Ki Amuk pada awalnya memiliki bentuk yang hampir mirip dengan bentuk meriam Ki Jagur atau Si Jagur, meriam yang kini berada di museum Fatahillah, Jakarta.

Meriam Si Jagur, Sumber gambar : http://a4.pbase.com/u45/bmcmorrow/upload/33783998.jakarat206.JPG

Pada meriam Ki Jagur  ( Si Jagur ) pada bagian pangkalnya atau bagian belakangnya memiliki bentuk yaitu bentuk jari tangan yang mana ibu jari diselipkan diantara jari telunjuk dan jari tengah, bentuk ini biasanya disimbolkan sebagai bentuk senggama, demikian pula meriam Ki Amuk. Oleh karena bentuk seperti itu dianggap kurang sopan dalam lingkungan Kesultanan Banten yang islami, maka kemudian muncul cerita di masyarakat yang menyampaikan bahwa, bagian belakang meriam Ki Amuk dipotong dan kemudian bekas potongannya dilebur kembali menjadi bentuk gelang sebanyak lima pasang atau sejumlah sepuluh gelang.

Sumber gambar : https://i.ytimg.com/vi/wHZK17uCzVQ/maxresdefault.jpg

Sang pembuat gelang-gelang itu di sebut dengan pande besi, yang bernama Ki Buyut Papak, yang berasal dari daerah sekitar 30 Km ke arah selatan Banten Lama. Karena Sang pande besi itu pandai membuat gelang maka Ki Buyut Papak mendapat julukan” Pande Gelang. Dan untuk mengenangnya, maka daerah sang pembuat gelang atau pande gelang itu,sekarang di sebut dengan Pandeglang.


Demikianlah Adik-adik, Asal-Usul Nama Kecamatan Pandeglang Banten, dan jangan lupa belajar ya. Seperti biasa Ke Cengeng mohon maaf bila ada kekeliruan dan kesalahan dalam artikel ini, mohon masukan dan kritikannya,terima kasih. Wassalamualaikum Warohamatullahi Wabarokatuh.

Referensi :

http://suarakatak.blogspot.co.id/2012/12/ki-amuk-meriam-persia-untuk-banten.html

https://inaaliana.wordpress.com/

http://kumpulancerita.net

http://hariefatra.blogspot.co.id/2016/01/asal-usul-pandeglang-cerita-guru-juru.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *