Asal Usul Nama Kecamatan Cadasari Pandeglang Banten – Bersama Ka Cengeng

Posted on

Assalamualaikum…Halloo Adik-adik yang ada di wilayah Kecamatan Cadasari Pandeglang banten khususnya, dan Adik-adik di seluruh Indonesia pada umumnya. Kali ini Ka Cengeng akan kembali menceritakan Asal Usul sebuah nama daerah dan kali ini yang akan kita bahas adalah Asal Usul Nama Kecamatan Cadasari Pandeglang Banten. Bagaimana ceritanya mari kita simak baik-baik.


kata Cadasari berasal dari kata cadas yang artinya lapisan tanah yang keras, batu yang terjadi dari padatan pasir dan tanah. Sedangkan Sari adalah inti yang ada dalam batuan cadas itu dalam hal ini adalah air. Jadi Cadasari bisa diartikan air yang keluar dari batu cadas.

Penamaan Cadasari tidak terlepas dari cerita Asal Usul Nama Kecamatan Pandeglang Banten Versi 2, yaitu pada pertamuan Ki Pande dan Putri Arum. Ketika itu Putri Arum sedang mengalami dilemma dan termenung di Pasir Manggu untuk mencari cara agar bisa menolak lamaran Pangeran Cunihin.

Gambar hanya illustrasi

Untuk mengatasi masalah tersebut kemudian Ki Pande mengajak Putri Arum ke kediamannya untuk mengatur siasat. Karena tempatnya yang sangat jauh, Putri Arum tidak kuat lagi berjalan dan putri Arum pun kemudian pingsan. Dalam cerita disebutkan Putri Arum hanya bisa siuman kalau diberi air gunung dari batu cadas, dan setelah diberi air dari batu cadas itu maka sang putri tersadar dan siuman dari pingsannya dan semenjak itu, putri Arum mendapat sebutan Puteri Cadasari. Dan tempat Putri Arum pingsan dan siuman itu sekarang di namakan dengan “Cadasari”.

Gambar hanya illustrasi

Demikianlah Adik-adik, cerita singkat tentang Asal-Usul Nama Kecamatan Cadasari Pandeglang Banten, dan jangan lupa belajar ya. Seperti biasa Ka Cengeng mohon maaf bila ada kekeliruan dan kesalahan dalam artikel ini, mohon masukan dan kritikannya, terima kasih. Wassalamualaikum Warohamatullahi Wabarokatuh.
Referensi :
http://serangsehat.pedia.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *