Asal Usul Nama Kecamatan Sumur Pandeglang Banten – Bersama Ka Cengeng

Posted on

Assalamualaikum…Halloo Adik-adik yang ada di wilayah Kecamatan Sumur Pandeglang banten khususnya, dan Adik-adik di seluruh Indonesia pada umumnya. Kali ini Ka Cengeng akan kembali menceritakan Asal Usul sebuah nama daerah dan kali ini yang akan kita bahas adalah Asal Usul Nama Kecamatan Sumur Pandeglang Banten. Bagaimana ceritanya mari kita simak baik-baik.


Nama Kecamatan Sumur memiliki satu kata yang merujuk pada nama benda, yaitu kata “Sumur”, dalam bahasa sunda Sumur berarti tempat ngumpulkeun cinyusu di dinya keneuh atawa cai nua aya dijero taneuh, Artinya “tempat mengumpulkan mata air dan masih ditempat tersebut atau air yang berada didalam tanah”.
Keberadaan pulau sumur, yang diatasnya terdapat sumur purba menjadi latar sejarah penamaan kecamatan ini dan konon menurut cerita, sumur purba tersebut sudah ada sejak lama dan memiliki beberapa keistimewaan, diantaranya adalah mengenai jumlah debit air yang selalu stabil dalam setiap musim,walaupun air laut sedang pasang atau sedang surut . Begitu pula dengan rasa airnya yang tidak terpengaruh oleh air laut. Jadi Nama Kecamatan Sumur itu di ambil dari nama Sumur yang ada di daerah tersebut.

Gambar hanya illustrasi

Demikianlah Adik-adik, cerita singkat tentang Asal-Usul Nama Kecamatan Sumur Pandeglang Banten, dan jangan lupa belajar ya. Seperti biasa Ka Cengeng mohon maaf bila ada kekeliruan dan kesalahan dalam artikel ini, mohon masukan dan kritikannya, terima kasih. Wassalamualaikum Warohamatullahi Wabarokatuh.

 

Referensi :

http://serangsehat.pedia.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *