Asal Usul Nama Kecamatan Cibaliung Pandeglang Banten – Bersama Ka Cengeng

Posted on

Assalamualaikum…Halloo Adik-adik yang ada di wilayah Kecamatan Cibaliung Pandeglang Banten khususnya, dan Adik-adik di seluruh Indonesia pada umumnya. Kali ini Ka Cengeng akan kembali menceritakan Asal Usul sebuah nama daerah dan kali ini yang akan kita bahas adalah Asal Usul Nama Kecamatan Cibaliung Pandeglang Banten. Bagaimana ceritanya mari kita simak baik-baik.

Menurut Wikipedia Kecamatan Cibaliung adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Indonesia. Di kecamatan ini terdapat PT. Aneka Tambang. Kecamatan Cibaliung terdiri dari sembilan desa, yaitu Cibaliung, Cibingbin,Cihanjuang, Curug, Mahendra, Mendung, Sorongan, Sudimanik dan Sukajadi.

Asal Usul Nama Kecamatan Cibaliung berasal dari dua kata, yaitu kata Ci dan dan kata Baliung. Dalam Bahasa sunda kata “Ci” yang berarti Cai atau Air dalam bahasa Indonesia, yang disingkat menjadi kata “Ci”. Sedangkan kata “Baliung” adalah nama sebuah alat untuk menebang pohon atau memotong kayu yang besar atau bisajuga digunakan sebagai pekakas untuk membuat rumah atau bangunan.


Baliung bisa juga disebut Kapak atau Kampak di daerah lain, karena memang bentuknya sepertik kapak atau kampak. Nama Cibaliung juga dipakai untuk nama salah satu sungai yang cukup besar diwilayah Kabupaten Pandeglang, yaitu sungai Cibaliung. Jadi Asal Usul Nama Kecamatan Cibaliung di ambil dari nama benda atau alat yaitu Baliung.

Demikianlah Adik-adik, cerita singkat tentang Asal-Usul Nama Kecamatan Cibaliung Pandeglang Banten, dan jangan lupa belajar ya. Seperti biasa Ka Cengeng mohon maaf bila ada kekeliruan dan kesalahan dalam artikel ini, mohon masukan dan kritikannya, terima kasih. Wassalamualaikum Warohamatullahi Wabarokatuh.

Perlu Adik-adik ketahui :

Pada saat sekarang ini sedang ada wacana pemekaran wilayah di Kabupaten pandeglang Banten, dan rencananya akan ada pemebentukan kabupaten baru salah satunya adalah Kecamatan Cibaliung yang akan di jadikan Kabupaten.

Wacana Kabupaten Cibaliung, sumber gambar : http://www.kangatepafia.com

Kabupaten Cibaliung nantinya akan meliputi tujuh kecamatan yaitu Cibaliung, Cibitung, Cigeulis, Cikeusik, Cimanggu, Panimbang dan Sumur. Luas Kabupaten Cibaliung mencapai 1.552,68 km2 atau sekitar 56,52 persen dari luas Kabupaten Pandeglang. Jumlah penduduk Kabupaten Cibaliung 244.131 jiwa (tahun 2012) atau sekitar 20,66 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Pandeglang. Tingkat kepadatan penduduk Kabupaten Cibaliung jika mengacu pada data tahun 2012 sekitar 157 jiwa per km2, merupakan kabupaten dengan penduduk paling langka di Pulau Jawa.

Kabupaten Cibaliung memiliki potensi sumberdaya alam yang besar, mulai dari perikanan dan kelautan, pariwisata, pertambangan dan mineral (bahkan memiliki cadangan emas), agribisnis, dan sebagainya. Obyek wisata yang sangat terkenal ialah Taman Nasional Ujung Kulon dan Tanjung Lesung. Di Kecamatan Panimbang sedang dikaji pembangunan sebuah Bandara, selain itu ada kemungkinan dibangun jalan tol yang menghubungkan Panimbang dan Balaraja (Kabupaten Tangerang).

Referensi :

https://id.wikipedia.org

http://serangsehat.pedia.id

http://anfathurochim.blogspot.co.id

http://www.kangatepafia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *