Asal Usul Nama Kecamatan Cibitung Pandeglang Banten – Bersama Ka Cengeng

Posted on

Assalamualaikum…Halloo Adik-adik yang ada di wilayah Kecamatan Cibitung Pandeglang Banten khususnya, dan Adik-adik di seluruh Indonesia pada umumnya. Kali ini Ka Cengeng akan kembali menceritakan Asal Usul sebuah nama daerah dan kali ini yang akan kita bahas adalah Asal Usul Nama Kecamatan Cibaliung Pandeglang Banten. Bagaimana ceritanya mari kita simak baik-baik.


Asal Usul Nama Kecamatan Cibitung berasal dari dua kata, yaitu kata “C”i dan dan kata “Bitung”. Dalam Bahasa sunda kata “Ci” yang berarti Cai atau Air dalam bahasa Indonesia, yang disingkat menjadi kata “Ci”. Sedangkan kata “Bitung” diambil dari nama jenis pohon bambu yaitu bambu betung atau bambu bitungatau petung. Yaitu Sejenis bambu gombong yang lebih besar dan dagingnya sangat tebal dan keras yang biasa digunakan untuk membuat jembatan dan tiang bangunan, karena bambu jenis ini sangat kokoh dan kuat.


Bitung, betung atau petung adalah nama salah satu jenis bambu yang sangat keras, sehingga sangat baik digunakan sebagai bahan bangunan karena seratnya besar-besar dan ruasnya panjang. Jenis Bambu ini juga dapat dimanfaatkan untuk saluran air, penampung air aren yang disadap, dinding rumah yang dianyam (gedek atau bilik), dan berbagai jenis barang kerajinan.

Rumah dan kerajinan dari bambu

Jadi Asal Usul Nama Kecamatan Cibitung diambil dari nama pohon bambu jenis Betung atau bitung atau petung dalam bahasa Indonesia.

Demikianlah Adik-adik, cerita singkat tentang Asal-Usul Nama Kecamatan Cibitung Pandeglang Banten, dan jangan lupa belajar ya. Seperti biasa Ka Cengeng mohon maaf bila ada kekeliruan dan kesalahan dalam artikel ini, mohon masukan dan kritikannya, terima kasih. Wassalamualaikum Warohamatullahi Wabarokatuh.

Referensi :

http://bappeda.pandeglangkab.go.id

https://web.facebook.com/Kecamatan-Cibitung-Pandeglang-Banten-Indonesia-1279835462104015/?_rdc=1&_rdr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *