Asal Usul Nama Kecamatan Cikeusik Pandeglang Banten – Bersama Ka Cengeng

Posted on

Assalamualaikum…Halloo Adik-adik yang ada di wilayah Kecamatan Cikeusik Pandeglang Banten khususnya, dan Adik-adik di seluruh Indonesia pada umumnya. Kali ini Ka Cengeng akan kembali menceritakan Asal Usul sebuah nama daerah dan kali ini yang akan kita bahas adalah Asal Usul Nama Kecamatan Cikeusik Pandeglang Banten. Bagaimana ceritanya mari kita simak baik-baik.

Menurut Wikipedia Kecamatan Cikeusik adalah sebuah kecamatan di kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Indonesia. Terletak di Tatar Pasundan, selatan Banten, Cikeusik sebagian besar berupa dataran rendah. Cikeusik juga mempunyai pantai yang indah, dengan 2 pulau yaitu Pulau Tinjil dan Pulau Deli.

Asal Usul Nama Kecamatan Cikeusik berasal dari dua kata, yaitu kata “Ci” dan dan kata “Keusik”. Dalam Bahasa sunda kata “Ci” yang berarti Cai atau Air dalam bahasa Indonesia, yang disingkat menjadi kata “Ci”.Sedangkan kata Keusik menurut tatanan bahasa sunda adalah bubuk batu nu laleutik, gedena teu sarua, biasana aya dijero walungan atawa di basisir. Artinya Keusik adalah bubuk batu yang kecil, besarnya tidak sama, biasanya berada didalam sungai atau dipantai, dalam bahasa indonesia berarti pasir.


Karena memang daerah ini merupakan wilayah dataran rendah yang langsung berbatasan dengan laut, sehingga daerah ini banyak memliki hamparan pantai yang pasti banyak pasirnya. Maka Masyarakat setempat kemudian menamakan daerah ini dengan nama Cikeusik.

Demikianlah Adik-adik, cerita singkat tentang Asal-Usul Nama Kecamatan Cikeusik Pandeglang Banten, dan jangan lupa belajar ya. Seperti biasa Ka Cengeng mohon maaf bila ada kekeliruan dan kesalahan dalam artikel ini, mohon masukan dan kritikannya, terima kasih. Wassalamualaikum Warohamatullahi Wabarokatuh.

Referensi :

https://id.wikipedia.org/

http://bantensite.blogspot.co.id

http://serangsehat.pedia.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *