Asal Usul Nama Kecamatan Panimbang Pandeglang Banten – Bersama Ka Cengeng

Posted on

Assalamualaikum…Halloo Adik-adik yang ada di wilayah Kecamatan Panimbang Pandeglang Banten khususnya, dan Adik-adik di seluruh Indonesia pada umumnya. Kali ini Ka Cengeng akan kembali menceritakan Asal Usul sebuah nama daerah dan kali ini yang akan kita bahas adalah Asal Usul Nama Kecamatan Panimbang Pandeglang Banten. Bagaimana ceritanya mari kita simak baik-baik.

Kecamatan Panimbang merupakan salah satu lokasi tujuan wisatawan. Disebelah barat, Kecamatan Panimbang berbatasan langsung dengan Selat Sunda. Di kecamatan Panimbang terdapat wisata Bahari yang sangat indah dan sangat terkenal sampai manca negara yaitu Pantai Tanjung Lesung. Rencananya kawasan pantai Tanjung Lesung akan dibangun menjadi kawasan wisata bertaraf internasional.

Sumber gambar : https://www.sharetempatwisata.com

Menurut Peraturan Daerah Kabupaten Pandeglang Nomor 26 Tahun 2007, tentang Pembentukan Kecamatan Majasari dan Kecamatan Sobang di wilayah Kabupaten Pandeglang, beberapa desa di Kecamatan Panimbang sejak saat itu menjadi termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Sobang, desa-desa yang dimaksud adalah:
Bojen
Kertaraharja
Kutamekar
Pangkalan
Sobang
Teuklada
Sehingga desa-desa di Kecamatan Panimbang kini tersisa sebagai berikut:
Citeureup
Gombong
Mekarjaya
Mekarsari
Panimbangjaya
Tanjungjaya

Mengenai Asal Usul Nama Kecamatan Panimbang di ambil dari sebuah literatur, pada tahun 130 M diwilayah Panimbang, terdapat sebuah kerajaan Salakanegara (Salaka = perak) atau Rajatapura yang termasuk kerajaan Hindu. Cerita tersebut tercantum pada naskah Wangsakerta. Raja pertamanya yaitu Dewa warman yang memiliki gelar Prabu Darmalokapala Dewa warman Haji Rakja Gapura Sagara yang memerintah sampai tahun 168 M.

Mengenai latar belakang Penamaan Panimbang adalah adanya kegiatan perdagangan di zaman kolonial. Menurut cerita, daerah panimbang merupakan wilayah tempat mengumpulkan barang-barang yang biasa dijual belikan, terutama hasil pertanian atau rempah-rempah. Sebelum diangkat ke kapal, barang-barang tersebut harus ditimbang terlebih dahulu. Dan tempat tersebut dinamai panimbangan yang berarti tempat untuk menimbang.

Ada juga sumber lain yang mengatakan bahwa sejarah nama Panimbang berdasarkan pada literatur lain. Yaitu sekitar tahun 264 M Panimbang adalah sebuah negeri dengan penghasilan tambang melimpah. Dalam perjalanan panjang sejarah Panimbang, pada zaman dahulu ada dua negeri yang pernah berkunjung ke Panimbang, yaitu bangsa india dan cina yang melakukan eksodus pada tahun 264 hingga 195 SM. Pendatang asing ini umumnya telah memiliki berbagai tingkat keterampilan dibidang kelautan, pertukangan, pertanian, pertambangan serta memiliki seni budaya yang jauh lebih tinggi dari penduduk pribumi saat itu. Kemudian mereka melakukan kegiatan pertambangan di daerah itu, maka di sebutlah daerah itu dengan nama Panimbang, Jadi Panimbang artinya adalah tempat untuk menambang.

Sumber gambar : https://statik.tempo.co

Demikianlah Adik-adik, cerita singkat tentang Asal-Usul Nama Kecamatan Panimbang Pandeglang Banten, dan jangan lupa belajar ya. Seperti biasa Ka Cengeng mohon maaf bila ada kekeliruan dan kesalahan dalam artikel ini, mohon masukan dan kritikannya, terima kasih. Wassalamualaikum Warohamatullahi Wabarokatuh.

Referensi :
https://id.wikipedia.org

http://serangsehat.pedia.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *