Asal Usul Nama Kecamatan Sobang Pandeglang Banten Versi 1 – Bersama Ka Cengeng

Posted on

Assalamualaikum…Halloo Adik-adik yang ada di wilayah Kecamatan Sobang Pandeglang Banten khususnya, dan Adik-adik di seluruh Indonesia pada umumnya. Kali ini Ka Cengeng akan kembali menceritakan Asal Usul sebuah nama daerah dan kali ini yang akan kita bahas adalah Asal Usul Nama Kecamatan Sobang Pandeglang Banten Versi 1. Bagaimana ceritanya mari kita simak baik-baik.

Sumber gambar : Google Map

Tidak banyak potensi yang ada di Kecamatan Sobang ini, secara umum keadaan Kecamatan Sobang merupakan daerah dataran rendah, dengan ketinggian 10 – 40 meter di atas permukaan laut. Kecamatan Sobang mempunyai curah hujan 40 mm/tahun sehingga mempunyai pengaruh langsung terhadap aktivitas pertanian dan pola tanam di daerah ini.

Ada beberapa versi cerita masyarakat yang menjelaskan Asal Usul Nama  Kecamatan Sobang, Pandeglang. Menurut Versi pertama yang sedang kita bahas ini adalah bila dilihat dari perjalanan sejarah atau kondisi alam dan masyarakatnya, Asal Usul nama Kecamatan Sobang menurut cerita masyarakat, ada kemungkinan mengadopsi dari nama sebuah daerah Kabupaten Lebak Banten yang juga bernama Sobang, atau mungkin dari kata Subang, yaitu nama sebuah kabupaten di Jawa Barat yaitu Kabupaten Subang. Jadi nama Sobang itu kemungkinan berasal dari nama ke dua daerah yang namanya hampir sama, seperti yang sudah di ceritakan diatas.

Sumber gambar :https://web.facebook.com/Desa-Cimanis-Kecamatan-Sobang-Pandeglang

Demikianlah Adik-adik, cerita singkat tentang Asal-Usul Nama Kecamatan Sobang Pandeglang Banten Versi 1, dan jangan lupa belajar ya. Seperti biasa Ka Cengeng mohon maaf bila ada kekeliruan dan kesalahan dalam artikel ini, mohon masukan dan kritikannya, terima kasih. Wassalamualaikum Warohamatullahi Wabarokatuh.

Referensi :

https://id.wikipedia.org

http://anfathurochim.blogspot.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *