Asal Usul Nama Kecamatan Cigeulis Pandeglang Banten – Bersama Ka Cengeng

Posted on

Assalamualaikum…Halloo Adik-adik yang ada di wilayah Kecamatan Cigeulis Pandeglang Banten khususnya, dan Adik-adik di seluruh Indonesia pada umumnya. Kali ini Ka Cengeng akan kembali menceritakan Asal Usul sebuah nama daerah dan kali ini yang akan kita bahas adalah Asal Usul Nama Kecamatan Cigeulis Pandeglang Banten. Bagaimana ceritanya mari kita simak baik-baik.

Asal Usul Nama Kecamatan Cigeulis berasal dari dua kata, yaitu kata “Ci” dan dan kata “Geulis”. Dalam Bahasa sunda kata “Ci” yang berarti Cai atau Air dalam bahasa Indonesia, yang disingkat menjadi kata “Ci”. Sedangkan kata Geulis menurut etimologi bahasa Sunda adalah ” Awewe anu alus rupana, hade raraina dina sagalana euweuh cawadeunana”. Artinya yaitu “Perempuan yang bagus parasnya atau cantik wajahnya,dan dalam segala hal tidak ada cacatnya. Orang-orang sunda dan Adik-adik juga tentunya banyak yang tahu bahwa kata Geulis Dalam bahasa indonesia artinya Cantik. Cigeulis juga dijadikan nama sebuah sungai yang berada diwilayah Kabupaten pandeglang yaitu sungai Cigeulis. Hal ini mungkin dikaitkan dengan kondisi alam Cigeulis yang begitu cantik dan indah untuk dinikmati sebagai tempat untuk berlibur bersama keluarga.

Sumber gambar : https://pandeglang-news.blogspot.co.id

Menurut banten88.com, Di Kecamatan Cigeulis ini terdapat empat curug diantaranya Curug Sawer terdiri dari dua air terjun, satu bernama Curug Lalakina yang berada di bagian atas dengan ketinggiannya mencapai 25 m, sedangkan yang berada dibagian bawah adalah Curug Bikang yang ketinggiannya sekitar 7 meter.  Di bagian bawah permukaan air Curug Bikang terdapat gua bawah air yang panjangnya mencapai 8 km dan berujung di daerah Muara daerah Babakan Nangka.

sumber gambar : http://disbudpar.pandeglangkab.go.id/

Demikianlah Adik-adik, cerita singkat tentang Asal-Usul Nama Kecamatan Cigeulis Pandeglang Banten, dan jangan lupa belajar ya. Seperti biasa Ka Cengeng mohon maaf bila ada kekeliruan dan kesalahan dalam artikel ini, mohon masukan dan kritikannya, terima kasih. Wassalamualaikum Warohamatullahi Wabarokatuh.

Referensi :

http://banten88.com

http://disbudpar.pandeglangkab.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *