Asal Usul Nama Kecamatan Munjul Pandeglang Banten – Bersama Ka Cengeng

Posted on

Assalamualaikum…Halloo Adik-adik yang ada di wilayah Kecamatan Munjul Pandeglang Banten khususnya, dan Adik-adik di seluruh Indonesia pada umumnya. Kali ini Ka Cengeng akan kembali menceritakan Asal Usul sebuah nama daerah dan kali ini yang akan kita bahas adalah Asal Usul Nama Kecamatan Munjul Pandeglang Banten. Bagaimana ceritanya mari kita simak baik-baik.

Kecamatan Munjul merupakan  sebuah Kecamatan yang termasuk kedalam wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten, Indonesia. Kecamatan  Munjul disebut juga dengan julukan negri kidul, karena daerah munjul berada di pedalaman. Menurut sumber dari Bappeda Kabupaten pandeglang, secara administratif, Kecamatan Munjul terdiri dari 9 (Sembilan) desa, 49 Rukun Warga (RW) dan 155 Rukun Tetangga (RT). Desa Dukuh menjadi desa yang terkecil yang mempunyai luas 4,96 Km2, dan Desa Gunung Batu menjadi desa yang paling luas yang mempunyai ketinggian rata-rata berada dibawah 100 meter di atas permukaan laut.

Kata Munjul berasal dari Bahasa Sunda, yang diambil dari sumber kata Mucunghul yang apabila dieterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia bisa diartikan Muncul. Hal Ini mungkin berkaitan dengan kontur tanah didaerah Munjul tersebut. Ada juga mitos yang beredar di dalam masyarakat setempat yang menyatakan bahwa orang-orang dari daerah Munjul biasanya memiliki kelebihan atau kemampuan diatas rata-rata pada umumnya. Mungkin juga Hal ini berkaitan dengan sebuah kata dalam Bahasa sunda yaitu kata Punjul atau Pinunjul yang artinya mempunyai kelebihan dibanding yang lainnya. Jadi Asal Usul Nama Kecamatan Munjul berasal dari kata Mucunghul artinya muncul atau dari kata Punjul (Pinunjul) yang artinya lebih tinggi dari yang lain.

Demikianlah Adik-adik, cerita singkat tentang Asal-Usul Nama Kecamatan Munjul Pandeglang Banten, dan jangan lupa belajar ya. Seperti biasa Ka Cengeng mohon maaf bila ada kekeliruan dan kesalahan dalam artikel ini, mohon masukan dan kritikannya, terima kasih. Wassalamualaikum Warohamatullahi Wabarokatuh.

Referensi :

http://serangsehat.pedia.id

http://banten88.com

http://disbudpar.pandeglangkab.go.id

https://desdm.bantenprov.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *