Dongeng Kelinci Si Penakut – Bersama Ka Cengeng

Posted on

Dongeng Kelinci Si Penakut, di dalam sebuah hutan yang lebat hiduplah seekor kelinci yang berwarna putih. Rumahnya berada tepat di bawah sebuah pohon pinang yang cukup tinggi. Di saat Si Kelinci sedang enak bersantai, sambil berkhayal dia iseng-iseng berpikir, “Kalau tanah ini hancur, apa yang akan terjadi padaku ya?”Pikir Si Kelinci.

Gambar hanya illustrasi

Dan bersamaan dengan itu, tiba-tiba ada sebuah pelepah pinah yang daunnya sudah kering jatuh melayang dan  mengeluarkan bunyi. “Kraaaaaaaaakk …,” Suaranya seperti tanah pecah. Kelinci yang sedang melamunkan tanah pecah tentu saja merasa kaget, Dia merasa apa yang di pikirkannya itu, benar-benar menjadi kenyataan “waaah…, tanah mau pecah! Bumi akan hancur!” Lalu, ia berlari sekencang-kencangnya menuruni gunung,sambil berteriak-teriak.

Beberapa kelinci lainnya terlihat heran melihat tingkah laku Si kelinci putih dan bertanya, “Hey putih Ada apa kamu berlari seperti itu?”

“Waaaah….tanah di sini akan mulai runtuh…ayo cepat..kalian lari…!” kata si kelinci putih. Akhirnya, kelinci-kelinci yang lain pun ikut berlari.

Binatang lain yang melihat banyaknya kelinci-kelinci yang berlari merekapu menanyakan apa yang terjadi. Setelah tahu jawabannya dari para kelinci, mereka juga semuanya  ikut berIari. Tidak lama kemudian, seluruh binatang di dalam hutan itu ikut berlarian menuruni gunung. Dan suasanapun menjadi kacau balau, suara bergemuruh pohon-pohon banyak yang rusak di terjang oleh para binatang yang berlari.

Dalam keadaan kacau seperti itu, terdapatlah seekor singa muda yang begitu tenang dan santai dalam melihat kejadian itu. la mencegat seekor binatang yang sedang berlari.

“Hey..! Ada apa ini kawan, kenapa semua hewan pada berlarian?” tanya singa.

“Tanah retak, tanah mau pecaaah..bumi akan hancur,” teriak beberapa binatang.

“Siapa yang melihat tanah runtuh, siapa hah?” tanya singa lagi.

“Itu Si Kelinci putih yang melihatnya,” kata mereka. “Hey Kelinci putih Benarkah kamu melihat tanah ini akan runtuh,?” Singa bertanya.

“Ya, benar pada saat aku sedang bersantai, tiba-tiba aku mendengar suara bumi runtuh,”jawab si kelinci putih

“Baik aku akan mememeriksanya, tunjukan padaku lokasinya. Kalian semua tetap diam di sini!” kata singa pada para binatang.

Kemudian Singa muda dan si kelinci putihpun berangkat kelokasi kejadian. “Ayo, tunjukkan padaku!” kata singa.

Kemudian si Kelinci menunjukkan tempat ia mendengar suara tanah runtuh. Namun, Si singa hanya melihat sebuah pelepah daun pinang yang jatuh di atas daun palem. “Oh jadi ini yang menyebabkan kamu mengira tanah runtuh” kata si Singa sambil  menunjukkan pada kelinci bahwa yang didengarnya bukan suara tanah runtuh, tetapi suara pelepah pinang yang jatuh di atas daun palem kering.

Lalu Si Singa pun mengajak semua kelinci kembali ke kawanan binatang yang Iain yang menunggu di bawah untuk  menceritakan duduk perkara dan hal yang sebenarnya. Semua binatang pun berteriak riuh  mencemooh Si kelinci yang penakut itu  sehingga membuat kekacaun di dalam hutan.Si  Kelinci pun hanya bisa tertunduk malu.

Si Singa dan binatang lainnya menarik napas lega. Jika tidak dicegah, mungkin semua binatang pasti akan binasa oleh tingkah polah si kelinci yang penakut itu.

TAMAT

Demikianlah adik-adik Dongeng Kelinci Si Penakut, semoga kita bisa mengambil pelajaran dari dongeng ini yaitu jangan jadi anak penakut, bersikap tenang dan telitilah dahulu mengenai kebenaran dari suatu hal sebelum menyampaikannya pada orang lain. Dan jangan lupa belajar ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *