Ziarah Ke Makam Luar Batang

Posted on

Assalamualiakum…halo..Adik-adik semua apakabarnya hari ini? Semoga kalian dalam keadaan sehat dan selalu semangat dalam mengejar cita-cita. Jumpa lagi dengan Ka Cengeng, di sini Ka Cengeng akan menceritakan wisata religi atau wisata Ziarah Ke Makam Luar Batang.

Sumber Foto : Foto Pribadi

Sebelumnya, seperti biasa Ka Cengeng akan selalu menonjolkan sisi pengetahuan dan pendidikan di dalam setiap postingan, karena itu adalah tujuan di buatnya website ini, sehingga bisa bermanfaat buat adik-adik dan bundanya juga.

Luar Batang atau Masjid Luar Batang terletak di daerah di daerah Penjaringan, Jakarta Utara. Kita sudah tahu semua kalau Kota Jakarta adalah ibu kota negara, sebuah kota metropolitan yang penuh dengan kehidupan modern. Namun di tengah-tengah kehidupan modern yang serba glamour masih ada sisi lain dari kehidupan kota Jakarta, yaitu dari sisi religinya, apa itu….?

Disini Ka Cengeng akan menceritakan tentang asal usul nama Luar Batang. Dikutip dari Tribunnews.com, Asal usul nama Luar Batang adalah karena keberadaan makam sang pendiri masjid, Al-Habib Husein bin Abubakar Alaydrus, yang sering dipenuhi peziarah setiap hari.

“Makam Habib Husein ini sering orang datang untuk ziarah pada hari-hari biasa,apalagi kalo mau bulan puasa,” ucap Ahmad, seorang pengurus makam Habib Husein saat ditemui Tribunnews.com, Sabtu (26/5/2018).

Sumber Foto : Foto pribadi

Ada juga sebuah kisah turun temurun dibalik nama Luar Batang yang dipercaya warga di sekitar masjid.

Ahmad menuturkan bahwa nama Luar Batang itu diambil ketika Habin Husein wafat dan ingin dimakamkan di Tanah Abang yang ketika itu memang tempat para habib, namun jenazahnya tetap berada di rumahnya yang sekarang jadi makam Habib Husein.

“Sampai tiga kali kejadian tersebut terjadi, ketika kerandanya diperiksa di Tanah Abang, ternyata jenazahnya tidak ada, ada di sini, makanya ulama di sini sepakat namanya Luar Batang, artinya orangnya ada di luar keranda,” ujar Ahmad.

Habib Husein sendiri merupakan seorang pendakwah, seorang penyiar agama Islam yang datang dari Hadramaut, Yaman.

Habib Husein meninggal pada 17 Ramadhan 1756. Kurang lebih 20 tahun beliau tinggal di Luar Batang dan mempunyai murid yang bernama Haji Abdul Kadir yang makamnya terletak berdampingan dengan makam Habib Husein.

Demikian ulasan singkat Kacengeng mengenai Ziarah Ke Makam Luar Batang, semoga bermanfaat, kalau ada kekurangan dan kesalahan dalam artikel ini, seperti biasa Kacengeng mohon maaf dan adik-adik atau bundanya bisa tulis komen di bawah. Terima kasih jangan lupa tetap semangat belajar ya….

Ref :

1. tribunnews.com

2. wikipedia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *